Sunday, September 24, 2006

Berkomunikasi dengan Siapa pun melalui Blog

''Pernahkah Anda membayangkan dapat berkomunikasi langsung dengan orang-orang terkenal yang Anda kagumi melalui internet? Atau, mungkin justru Anda ingin menjadi terkenal seperti mereka? Semua itu akan dapat terwujud apabila Anda telah menggeluti dan menguasai dunia blog,'' ungkap Pemimpin Redaksi Suaramerdeka.com Aulia A Muhammad dalam seminar dan workshop ''Nge-Blog Kita Bisa'' di aula Fakultas Hukum Unsoed Purwokerto, Sabtu (23/9). Acara ini terselenggara berkat kerja sama Suaramerdeka.com dengan Global Institute (GI) Purwokerto dan Telkom Purwokerto.

Dalam sebuah tulisan di blog-nya yang berjudul ''Gibran dan Moralitas Orang Tua'', Aulia memaparkan bagaimana kekuasaan orang tua dalam menghipnotis moral seorang anak. Dia menekankan, seorang anak bukanlah milik orang tuanya. Menurut dia, tulisan itu memang sengaja dia tujukan kepada artis Tamara Bleszynski yang dia anggap begitu menguasai hak asuh anak kandungnya Rassya hingga menjauhkannya dari sang ayah. Tulisan tersebut mendapatkan tiga komentar dari bloger lainnya. Salah satunya dari yang mengaku bernama Tamara dengan alamat Bundarassya.blogspot.com.

''Anakku, bila ibu boleh memilih apakah berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu, maka ibu akan memilih mengandungmu. Karena dalam mengandungmu, ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah,'' demikianlah penggalan komentar ''Tamara''. Yang menjadi pertanyaan, apakah benar komentar tersebut langsung meluncur dari artis terkenal Tamara Bleszynski? Anda tidak perlu risau memikirkan jawabannya. Simak saja pendapat Aulia.

''Itulah fenomena di dunia maya. Seseorang bisa menjadi siapa saja dan mengaku siapa saja. Kita juga bisa membenci ataupun mencintai siapa saja.''

Aulia mengungkapkan, banyak manfaat yang dapat diperoleh melalui blog. ''Kita bisa menjadi diri sendiri, mengaktualisasikan apa pun yang ada dalam pikiran kita, serta percaya tulisan kita tentang apa pun akan dibaca oleh orang lain.''

Nurul Hidayat M Kom (dosen MIPA Unsoed) mengemukakan, blog dianggap spesial karena mudah digunakan, memungkinkan setiap orang berkolaborasi dan saling berbagi informasi, biaya murah, dan tidak memerlukan keahlian khusus.


*Tulisan ini juga bisa diakses di http://www.suaramerdeka.com/harian/0609/24/nas08.htm

No comments:

Ingin blog anda dikunjungi, isi formulir ini:

Name
E-mail
Subject
Message