Wednesday, September 13, 2006

Membuat Blog yang Berkarakter

Oleh Muhammad Sulhanudin

Bila anda ingin mengekspresikan diri lebih bebas, blog adalah media yang sangat tepat. Melalui blog, kepribadian seseorang dapat terbaca.

Sebanyak 60 peserta mengikuti workshop "Ngeblog Kita Bisa". Peserta diajari materi dasar membuat blog, hingga mempercantik tampilan. (Foto oleh Agung SB)

Oleh karena itu, desain menjadi bagian yang penting. Seorang pemilik blog atau disebut blogger, bisa mengekspresikan dirinya melalui desain yang diinginkan. Desain yang minimalis, misalnya, akan mencerminkan kepribadian seorang blogger yang mapan, atau lainnya.

Hal ini terungkap dalam Workshop "Nge-blog Kita Bisa" yang diadakan oleh Suara Merdeka CyberNews bekerjasama dengan Telkom Speedy dan BEM Undip sebagai pantia pelaksana.

Sebanyak 60 peserta mengikuti workshop. Jumlah ini jauh lebih kecil bila dibanding tingginya animo pendaftar. Bahkan sebagian pendaftar ditolak karena kuota sudah terpenuhi. Workshop dilangsungkan di gedung Kopegtel, ruko Pemuda, Semarang.

Workshop yang dipandu oleh tim Suara Merdeka CyberNews ini dibagi dalam dua sesi. Peserta diajari bagaimana cara membuat blog, mengirim tulisan (posting), mengubah template, hingga mempercantik tampilan blog dengan menambahi beberapa aksesoris seperti shoutbox (bilik teriak), pelengkap jam, dan lain-lainnya.

"Buat judul blog dan deskripsinya semenarik mungkin sesuai tema blog anda," ujar Aulia Muhammad, Pemimpin Redaksi Suara Merdeka CyberNews, disela-sela memandu workshop, sambil menunjukkan beberapa blog yang bisa dijadikan referensi.

Peserta yang kebanyakan dari mahasiswa Undip tampak antusias mengikuti workshop. Rata-rata mereka adalah blogger pemula. "Saya baru kali ini membuat blog dan ternyata sangat mudah," ungkap Diantika Permatasari, mahasiswa Fakultas Sastra Undip.

Namun demikian, ada juga peserta yang sebelumnya sudah memiliki blog. Seperti yang dinyatakan oleh Gema Yudha, teman sekampus Tika, panggilan akrab Diantika.

"Saya sudah punya blog sekitar pertengahan 2005 lalu. Tapi saya ingin lebih mendalami tentang seluk-beluk blog," ujar aktivis pers kampus di Fakultas Sastra ini.

Selain desain, yang lebih penting sebenarnya adalah materi blog. Sebuah blog yang memiliki desain yang menarik namun jarang diupdate akan kurang diminati pengunjung.

"Usahakan posting blog anda secara rutin dan teratur. Misal tiap hari, atau tiap akhir pekan, jangan lebih. Ini sangat penting agar pengunjung terbiasa dengan jadwal posting anda," tambah Aulia.

Selama workhsop, panitia menggunakan fasilitas blogger.com untuk praktik para peserta. Alasannya, fasilitas yang ditawarkan lebih banyak. Selain itu, peserta bisa lebih maksimal mengeksplorasikan dirinya sesuai desain blog yang diinginkan.

"Ini sesuai dengan misi kita, membuat blog yang berkarakter," tambah Aulia.

Kegiatan ini merupakan serangkaian dari "Roadshow Nge-blog Tiga Kota". Setelah workshop di Semarang, pada akhir pekan ini, Sabtu (16/9), workhop akan di gelar di kampus UNS Surakarta. Kemudian pekan depannya lagi (23/9), di Kampus Unsoed Purwokerto.


No comments:

Ingin blog anda dikunjungi, isi formulir ini:

Name
E-mail
Subject
Message